Saturday, April 10, 2010

Bahasa Inggris - The Basics


The 'jigsaw puzzles' of English. Tinggal dirangkai dengan baik dan indah deh ;)

Oke teman-teman, untuk tulisan pertama ini aku akan mengenalkan yang paling dasar dulu yaitu tipe kata-kata dalam Bahasa Inggris. Merunut pada tulisan pendahuluan aku, di sini akan aku kenalkan pada bagian-bagian puzzle-nya, yah kurang lebih apa saja sih yang disambung-sambung dalam Bahasa Inggris. Ini perlu karena walau kita sering mendengarnya kita belum tentu paham maksud dan penggunaannya. Dan yang terakhir, untuk tulisan-tulisan ke depan aku akan sedikit banyak mengoceh dengan menggunakan tipe-tipe kata tersebut jadi dengan adanya pengenalan dasar ini mudah-mudahan teman-teman tidak bingung saat membaca tulisan-tulisan setelah ini.
So ladies and gentlemen, hold on to your seats, here we go ;).

Dalam Bahasa Inggris ada 8 tipe kata yaitu:
1. Verb
Merupakan kata kerja yang menerangkan/menjelaskan apa yang dilakukan oleh suatu subjek atau objek. Merupakan kata yang descriptif. Contoh: run, sing, play, dsb. Kata kerja dianggap sebagai “raja” dalam grammar Bahasa Inggris karena bisa digunakan untuk membuat kalimat dengan kata tunggal misal “Run!” Tidak ada tipe kata lain yang bisa diberlakukan seperti ini.

Informasi tambahan: Verb inilah yang pada akhirnya akan berubah-ubah bentuknya untuk menyesuaikan dengan konteks waktu pada saat menerangkan/menjelaskan (time of speech).
Contoh: play menjadi played (regular verbs berakhiran –ed) dan break menjadi broke atau broken (irregular verb –daftar irregular verb akan aku upload di notes terpisah, dan ini mau nggak mau mesti hafal lho, ayo semangat ;D).
Banyak tipe kata akan menjadi Verb ketika dikasih akhiran atau bahasa kerennya suffix. Akhiran-akhiran yang menjadikan kata-kata menjadi Verb yaitu antara lain:
- -en.
- -ify.
- -ize
Contoh: kata benda strength dikasih akhiran –en berubah menjadi strengthen yang menjadikannya sebagai verb.
Perlu diingat di sini ejaan menyesuaikan dan hanya satu akhiran atau suffix yang berlaku untuk masing-masing kata. Di sini strength tidak bisa dikasih akhiran –ize. Maka dari itu, jenis-jenis kata perlu dihafal (apakah dia merupakan verb, noun, dsb) tetapi dengan banyak membaca teks Bahasa Inggris teman-teman akan semakin terbiasa kok membedakannya. Sense teman-teman akan semakin terasah dengan terus membaca :D
Peringatan ini berlaku untuk semua bentuk akhiran di bawah ini.
2. Noun (N):
Noun adalah kata benda. Semua benda yang ada di dunia ini adalah benda baik fisik maupun non fisik. Contoh: cat, London, Mary, thought dsb.

Informasi tambahan: Banyak tipe kata akan menjadi Noun ketika dikasih akhiran atau bahasa kerennya suffix. Akhiran-akhiran yang menjadikan kata-kata menjadi noun yaitu antara lain:
- -ance.
- -ancy.
- -ence.
- -ency.
- -ation.
- -dom.
- -ism.
- -ment.
- -ness.
- -or.
- -ion.
Contoh: happy adalah adjective ketika ditambah –ness menjadi happiness yang kemudian menjadikannya sebagai Noun.
3. Adjective (Adj):
Merupakan kata sifat. Adjective melengkapi dan menjelaskan kata benda dalam suatu kalimat. Perhatikan bahwa adjective juga bisa menjelaskan/menerangkan noun phrase (kumpulan kata-kata yang menjelaskan kata benda) dan pronoun (kata untuk menggantikan kata benda).Contoh: dalam kalimat “I ride a small horse,” adjective-nya = small.

Informasi tambahan: Banyak tipe kata akan menjadi Adjective ketika dikasih akhiran atau bahasa kerennya suffix. Akhiran-akhiran yang menjadikan kata-kata menjadi adjective yaitu antara lain:
- -able.
- -ible.
- -al.
- -ful.
- -ish.
- -ive.
Contoh: kata benda beauty bila dikasih akhiran –ful menjadi beautiful yang menjadikannya sebagai kata sifat.
4. Adverb (Adv)
Seperti adjective, adverb juga menjelaskan atau menerangkan suatu kata. Namun bedanya di sini adalah adverb menjelaskan bagaimana sesuatu bekerja atau suatu kegiatan/tindakan dilakukan.

Contoh: “I type fast.” Fast di sini menjadi adverb karena ia memodifikasi kata kerja (V), type.
Selain itu, yang lebih kita kenali, adverb biasanya terbentuk dengan menambahkan akhiran –ly di belakan kata sifat (adj).
Contoh: beautiful + ly = beautifully yang berarti dengan cara yang cantik.
Informasi tambahan: Banyak tipe kata akan menjadi Adverb ketika dikasih akhiran atau bahasa kerennya suffix. Akhiran-akhiran yang menjadikan kata-kata menjadi adjective yaitu antara lain:
- -word.
- -wise.
5. Pronoun (ProN)
Merupakan kata pendek untuk menggantikan kata benda (N).

Contoh: He, She, It, We dsb.
6. Preposition (Prep)
Biasanya kata yang diletakkan sebelum kata benda (N) atau kata ganti benda (ProN). Preposition digunakan untuk menjelaskan hubungan antar kata benda dengan subjek/objek baik dari segi letak maupun waktu.

Contoh: in, at, on, after, before, until dsb.
7. Conjunction (Conj)
Merupakan kata penghubung. Digunakan untuk menghubungkan dua kalimat atau kata benda. Contoh: and, or, nor, for, but, since, unless, and although.

8. Interjection (Intr)
Juga merupakan kata-kata pendek. Pada umumnya merupakan kata-kata seperti; Hi!, Ah!, Um atau Ugh!

Definisi tambahan:
1. 1. Subject: sesuatu atau seseorang yang melakukan suatu hal, kegiatan dsb (aktif).
2. 2. Object: sesuatu atau seseorang yang menerima sutu hal, kegiatan dsb (pasif).
3. 3. Articles: penjelas kata benda contoh: a, an, the.
*Penjelasan dan rincian untuk Pronoun, Preposition, Conjuction, dan artikel akan dijelaskan di tulisan terpisah soalnya banyak banget hehe. Tiap tulisan akan aku coba buat dengan singkat biar teman-temen nggak capek setelah bacanya hehe ;)

2 comments:

  1. salam kenal ya...numpang belajar sebentar ya

    ReplyDelete
  2. I am Januar M Hasanudin would like to have an interview with you, if you're pleased. I am Malaysian. I am a teacher of Primary school. I am a researcher. One is on is about English media. I expect it would be my effective, meaningful, useful, and data enrichment of an interview. Thanks a lot for your assistance. But for me it’s alright to do the interview although I am not facing you factually as my reliable source. Few of my questions are:


    INTERVIEW POINTS IN THE RESEARCH OF DEVELOPING LESSON MEDIA WITH JIGSAW PUZZLE TO INCREASE THE INTEREST AND KNOW HOW MUCH DOES IT INFLUENCE FOR THE GROWTH OF UNDERSTANDING ENGLISH IN SECOND GRADER OF PRIMARY SCHOOL
    (IN THE COUNTRY OF ENGLISH AS A SECOND LANGUAGE)

    I. AIMS TO LEARN AN ENGLISH WITH JIGSAW PUZZLE

    1. if the puzzle method is applied in learning process do you think how much does it share to kids’ digestibility and applicability ?
    2. if the puzzle method is applied in learning process do you think how much does it share to kids’ motivation ?
    3. if the puzzle method is applied in learning process do you think how much does it share to kids’ interest in searching for the correct answer (in reintegrating pieces of jigsaw puzzle sheet)?
    4. do you think what positive impact will arise after learning an English by puzzle method ?
    5. after learning an English with puzzle method do you think does kids’ enthusiasm increase ?
    6. after learning an English with puzzle method does kids’ cognitive content enlarge ?
    7. do you think what are the academic or educational benefits and profits for the kids after learning an English with puzzle method ?

    II. STUDENT’S LEARNING ENGLISH WITH JIGSAW PUZZLE

    1. how do you make a jigsaw puzzle the simplest one, please tell me !
    2. how do you conduct English lesson using puzzle method ?
    3. do you think do the kids absorb immediately an English lesson using puzzle method ?
    4. do think does the principal accept happily for the teacher who is using puzzle method ?
    5. how long do you think does puzzle method appropriately take time ?
    6. do the kids look happy and have a positive response when they learn English with puzzle method ?
    7. how much do the kids show their interest when they learn English with puzzle method?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...